Statistik ;)

Senin, 21 Februari 2011

VIII - Fungsi statistik

Siapa bilang Excel hanya bisa membuat tabel dan perhitungan biasa saja? Microsoft Excel bisa melakukan lebih dari itu!
Pada artikel sebelumnya, sudah dijelaskan bagaimana menggunakan Goal Seek. Fungsi ini berguna sekali untuk men-traceback suatu perhitungan (tentu dengan formula yang digunakan) baik yang rumit maupun sederhana –sesuai dengan hasil akhir yang kita inginkan. Gampangnya, formula ini bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan:
  • Pada saat harga berapa, usaha saya akan mendapat keuntungan 100 juta rupiah
  • Dengan volume penjualan berapa unit sehingga usaha saya mengalami impas?
Nah, Goal Seek adalah satu tools yang sudah tersedia dan tinggal klik saja. Excel sudah menyediakannya di tab Data, grup Data tools di tombol What if Analysis. Tools lain yang bisa kita gunakan dan siap pake masih banyak loh.
Salah satu tools akan membawa kita jauh lebih dengan fungsi-fungsi statistik sepertiDescriptive StatisticsCorrelationCovarianceAnovaF-test, Fourier AnalysisMoving Average sampai membut Histogram.
  • Fungsi Descriptive Statistics akan menghasilkan laporan statistik univarite dari data yang di-input sesuai dengan range. Dengan ini kita akan tahu tentang tendesi pusat dan variability data kita.
  • Anova pada Excel akan membantu kita berbagai tipe analisis varian. Ini tergantung pada jumlah faktor dan sample yang kita punya dari populasi yang akan kita uji.
  • Sementara Moving Average bisa kita gunakan untuk memprediksi (forecast) penjualan dan inventori dan data series lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar